Translate

Terasi Puger

Kabupaten Jember, selain terkenal sebagai kota pelabuhan terbesar di pesisir selatan Jawa Timur, juga dikenal sebagai penghasil terasi. Namanya terasi Puger, terasi berkualitas tinggi dan beraroma harum. Bahkan, baru-baru ini, terasi Puger pun terkenal hingga ke Belanda.

Menurut perajin terasi di Puger, untuk menghasilkan terasi dengan kualitas baik, membutukan delapan kilogram udang putih segar murni. Selanjutnya, udang putih yang mempunyai panjang rata-rata lima hingga 10 sentimeter tersebut, dijemur di bawah terik matahari selama 10 hingga 12 jam.


Usai penjemuran, udang tersebut ditumbuk sampai halus. Selanjutnya, untuk menghilangkan kandungan air, bahan terasi dijemur kembali sembari diberi pewarna. Terakhir, baru mencetaknya sesuai bentuk yang diinginkan. Setiap perajin menghasilkan satu hingga satu setengah kuintal terasi. 



Terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan.



Terasi memiliki bau yang khas dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.


Terasi Khas Puger Asli Udang merupakan terasi udang yang diproduksi di Puger dan dijamin asli dibuat di puger. Memang banyak terasi di luar puger yang sengaja mengaku dibuat di puger tetapi kenyataannya tidak dibuat di puger.


Harga terasi dari luar puger yang mengaku terasi puger biasanya harganya sangat murah, bahkan bisa mencapai 10 ribu per kg. Kenyataannya terasi khas puger yang dibuat dari udang asli tidak akan pernah berada di bawah 50 ribu per kg. Mengingat harga udang yang sangat tinggi di pasaran.


Untuk masalah rasa, memang sudah terbukti dan tidak diragukan lagi kelezatannya. Terasi yang dibuat oleh tangan-tangan terampil yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun, sehingga sangat berpengalaman dalam mengolah udang-udang menjadi terasi pilihan dengan kualitas rasa yang sungguh sangat nikmat.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar